NgeShare - Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace


Sebelumnya saya pernah menuliskan sebuah postingan yang berjudul “NgeShare - Kembali Lagi ke Facebook”. Dan di postingan itu, saya juga menjelaskan bahwa alasan saya kembali lagi ke Facebook, yaitu karena ingin menjual beberapa barang bekas yang masih bisa digunakan di Facebook Marketplace. Setelah menuliskan postingan itu, saya rasa tak ada salahnya bila menuliskan langkah-langkah atau cara menjual barang di Facebook Marketplace. Barangkali tulisan itu nantinya bisa bermanfaat di kemudian hari, pikir saya.

Ok, tanpa perlu basa-basi lagi, berikut ini adalah langkah-langkah atau cara untuk menjual barang di Facebook Marketplace.

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

1 | Langkah pertama, buka beranda Facebook,

2 | Kemudian, klik ‘Marketplace’ yang terletak di menu sebelah kiri beranda Facebook,


3 | Lalu klik tombol ‘+ Jual barang’ atau dalam bahasa Inggris, yaitu ‘+ Create new listing’,


4 | Klik menu ‘Item for sale/ Barang dijual’,


5 | Pada tampilan berikutnya seperti gambar di bawah ini, kamu harus mengisi informasi terkait barang yang akan dijual.


6 | Adapun informasi yang harus diisikan meliputi, foto barang, nama barang, harga barang, kategori barang, kondisi barang, deskripsi barang, ketersediaan barang, tag barang, dan lokasi barang.

7 | Setelah mengisi informasi barang yang akan dijual, kamu juga bisa mengatur preferensi pertemuan untuk menjual barang tersebut ke pembeli. Ada beberapa pilihan preferensi pertemuan seperti ‘Pertemuan publik’ yang berarti kamu bisa bertemu dengan pembeli di tempat umum untuk COD, ‘Pengambilan di rumah’ yang berarti pembeli harus mengambil barang di rumahmu, dan ‘Pengantaran sampai rumah’ yang berarti kamu harus mengantar/ mengirim barang yang dijual itu ke alamat pembeli.


8 | Lalu klik tombol ‘Next/ berikutnya’,


9 | Pada tampilan berikutnya, kamu bisa memilih grup jual beli yang sebelumnya sudah kamu joini atau kamu sudah bergabung di dalamnya. Kalau kamu belum gabung ke grup jual beli, saran saya kamu bisa gabung terlebih dahulu. Bisa grup jual beli di daerahmu atau jual beli nasional. Hal ini memungkinkan barang yang kamu jual lebih banyak yang melihatnya.


10 | Langkah terakhir, kamu klik tombol ‘Publish’. Setelah itu, kamu tinggal menunggu notifikasi atau pesan masuk dari calon pembeli. Eits, tapi kalau misal ingin barangnya segera laku terjual, jangan lupa buat sering-sering promosi, ya.

Nah, itulah sekiranya cara menjual barang di Facebook Marketplace. Gimana? Mudah, kan? Hehe… tapi di sana seperti halnya jual beli online lainnya, kamu juga harus berhati-hati, ya. Semoga bermanfaat. 😁

Surya Adhi

Seorang yang sedang mencari bekal untuk pulang.

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

4 Komentar

  1. Thanks sharingnya mas sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sampe lupa gimana menu beranda di Facebook saking sudah lamanya gak ada FB😁, penjelasannya runut dan jelas banget mas...memudahkan buat yg mau jualan jadi paham jalurnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari segi tampilan udah banyak perubahannya ya mbak, saya sendiri juga awalnya cukup kaget karena udah lama nggak main fb, tapi syukurlah tampilan yang baru ini masih enak diliat dan nggak bikin bingung, hehe

      alhamdulillah makasih mbak :)

      Hapus
Lebih baru Lebih lama