NgeShare - Berkebun

NgeShare - Berkebun

Pada postingan sebelumnya yang berjudul “NgeShare - Rekomendasi Singkong Keju Yang Enak di Ngawi”, saya sempat menspill tanaman yang sedang saya tanam, yaitu singkong. Yaps, singkong, salah satu tanaman yang sedang saya coba budidayakan. Itung-itung untuk menambah kegiatan dan juga meramaikan kebun kecil di rumah yang saat ini sedang saya coba lestarikan.

Oiya, sebelumnya saya ingin bercerita kalau hampir 3 tahun ini saya suka menanam atau berkebun. Awal ketertarikan saya pada kegiatan ini sendiri bermula ketika pandemi Covid19. Sebagai selingan untuk mengusir rasa bosan karena pembatasan kegiatan di luar ruangan. Selain itu juga karena melihat tanaman peninggalan almh. Ibu yang waktu itu sudah cukup lama tidak terawat. Pada akhirnya saya menjadikan kegiatan berkebun sebagai salah satu kegiatan di waktu luang selama pandemi.

Berkutat cukup lama dengan tanaman milik almh. Ibu, lambat laun membuat saya jatuh hati pada kegiatan berkebun. Entah mengapa, rasanya membuat diri menjadi lebih tenang. Perasaan tenang yang saya rasakan itu mungkin muncul karena kesabaran yang terlatih ketika merawat satu persatu tanaman tersebut. Di samping itu ada juga perasaan puas ketika bisa melihat tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

Lucu rasanya. Padahal waktu kecil hingga lulus sekolah, tak pernah sekalipun saya memiliki minat pada kegiatan berkebun, apalagi tanaman. Bunga dan tanaman-tanaman milik almh. Ibu yang ada di halaman rumah pun dulu tak pernah sekalipun saya jamah. Alasannya selain dulu belum ada minat, juga takut kalau nanti malah membuatnya rusak/ mati. Kalau rusak/ mati, nanti pasti almh. Ibu akan marah.

Nah, sejak ketertarikan saya pada dunia berkebun muncul, saya mulai rajin browsing-browsing terkait tanaman. Saya juga sering menonton beberapa video di Youtube yang membahas soal kegiatan berkebun. Bahkan ada beberapa video di Youtube yang menurut saya dapat menambah semangat saya dalam berkebun. Untuk beberapa videonya saya share di bawah ini dalam bentuk playlist, ya. Barangkali nanti juga bisa menambah semangat atau justru memunculkan minat kamu dalam berkebun, hehe…


Oiya, btw selain singkong, ada beberapa tanaman lain yang saat ini sedang saya rawat. Baik itu tanaman yang ada di halaman rumah alm. Bapak maupun yang ada di lahan samping rumah kakak. Ya meskipun sebagian besar tanaman itu merupakan peninggalan almh. Ibu dan juga alm. Bapak, tapi ada juga beberapa tanaman yang saya tanam sendiri. Adapun tanamannya itu seperti cabai, pisang, kangkung, mangga, pepaya, jeruk, klengkeng, dan beberapa aglonema. Memang tidak begitu banyak, tapi sudah cukup membuat saya merasa senang.

NgeShare - Berkebun
Beberapa tanaman yang sedang saya budidayakan, seperti jeruk, kangkung, dan cabai.

Untuk saat ini kegiatan berkebun bagi saya bisa dikatakan sebagai hobi. Tapi ndak tau kalau kedepannya mungkin bisa jadi salah satu jalan rezeki. Yah bagaimanapun nanti kedepannya, saya berharap tujuan saya untuk ‘merawat tanah’ tetap bisa berjalan dengan baik. Tidak menggunakan obat atau pupuk kimia. Tetap berusaha berkebun secara organik. Semoga.

Surya Adhi

Seorang yang sedang mencari bekal untuk pulang.

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

8 Komentar

  1. Akuuu beberapa waktu dulu pernah juga berkebun mas. Tapi bukan berkebun di tanah, melainkan di lantai balkon, hahaha. Jadi aku beli banyak pot gitu untuk ditanami berbagai jenis tanaman.
    Yang paling absurd itu aku beli bibit jambu air sih. Koplak sekali, kok isooo aku kepikiran nanem jambu air tapi dalem pot.

    Konyolnya lagi, tanamannya berbuah. Hahahaha
    yhaa meskipun kecil buahnya, tapi lucu aja gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren mas, kalau saya lihat juga di perkotaan banyak yang seperti mas, memaksimalkan ruang yang ada untuk dapat berkebun :)

      Jadi varietas baru ya mas, jambu mini, btw rasanya manis juga nggak mas? Hehe

      Hapus
  2. Di belakang rumahku juga kumanfaatkan untuk berkebun, ada cabai, singkong, dan lainnya ahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab, kalau sudah berbuah nanti nggak perlu report belanja ke pasar ya mas, tinggal petik aja di belakang rumah, hehe

      Hapus
  3. Enaknya yang punya lahan walau sedikit bisa di manfaatkan,lahan saya mepet alias terbatas banget,mau berkebun agak susah juga,padahal suka aja liat kebun tanaman orang, bisa metik sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah mbak, hehe

      tapi kalau mbak tertarik buat berkebun, bisa nyoba kayak mas fajar mbak, bisa pakai pot atau polybag 😊

      Hapus
  4. saya belum coba kalau berkebun
    ini aja saya dipasrahin bonsai, aja enggak dipotong2 ini daunnya,
    jadi udah jadi kayak pohon mangga bonsainya saking enggak dirawatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba culu aja mas, lumayan seru lho, hehe

      wkwkwk jadi besar ya bonsainya

      Hapus
Lebih baru Lebih lama